emain Muda yang Jadi Rebutan Indonesia dan Qatar

70 views

Buntutnya ini nama Andi Syahputra kembali naik daun. Kabar dia akan dinaturalisasi oleh Qatar menyentak kesadaran indonesia. Jika tidak ditanggapi serius, bukan tak mungkin talenta emas Andi melayang ke negara lain.

selanjutnya fakta-fakta membuat kejutan Andi Syahputra.

1. Asli indonesia, Tinggal di Qatar

Andi Syahputra lahir di indonesia. Tepatnya di Lhoksumawe pada 29 Juni 1999. berbasickan ayahnya, Agus Sudarmanto, dia dan Andri sempat tinggal di indonesia dari tahun 1997 hingga 2005. pada waktu itu Andri mempunyai umur 7 tahun, dia pindah ke Qatar disebabkan pindah bekerja di salah satu perusahaan di negara itu, RasGas.

2. Dari Al-Khor ke Al-Gharafa

awalannya Andri bermain di Club Al-Khor. Tampil bagus disini, bakatnya langsung dilirik oleh salah satu Club elite di Qatar Star League (QSL), Al-Gharafa. Tak butuh lama, pemain yang menyukai nomor 10 ini berhasil masuk Aspire Football Academy Qatar instansi pengembangan sepakbola pemain muda yang salah satunya bekerja sama juga federasi sepakbola italia, FiGC.

3. Langganan Pemain paling baik dan Top Skor

Bakat Andri terbukti memang luar biasa. Sepanjang 2009 hingga 2016 di Aspire Academy dan Al-Gharafa SC, Andri langganan menyabet gelar The Best Player dan Top Skor U-17 (2013, 2014, 2015).

“Tahun 2016 dia cedera empat bulan, perawatan jadi nggak dapat top skor,” kata Agus. Mei tahun lalu Andri naik ke meja operasi, tetapi sudah bisa merumput lagi pada bulan September lakukan belaan Al-Gharafa U-19 musim 2016-17.

4. Pemain Serba Bisa

Kelebihan Andri yang lain ialah kemampuan adaptasinya yang diatas rata-rata. Dia bisa dibuat main di beragam posisi cocok atau sepadan keperluan tim. Entah itu main di sisi luar lapangan Selayak sayap murni, dipatok Selayak goal getter di depan gawang lawan maupun playmaker di tengah yang Mempunyai Tugas mengatur permainan tim.

5. Langganan Menjebol Gawang Club Eropa

Nama Andri juga terpantau oleh Club-Club elite Eropa. Sebabnya tidaklah lain ialah disebabkan ‘hobinya’ membobol gawang Club-Club elite itu. Dalam sebanyak uji coba melawan PSG, Celta Vigo, dan Sporting Gijon, Andri tidak pernah absen membuat catatan diri di list pencetak gol.

6. berkompetisi di 3 Level Usia dan Debut Tim Senior

Usai sembuh dari cedera, Andri semakin melesat. Andri dipercaya main untuk 3 tim sekalian: U-19, U-23 dan tim senior Al Gharafa SC. sekarang ini Andri sudah mengepak 12 gol di tim U-19 Liga Qatar 2016-2017.

7. Debut Tim Senior

Catatan istimewa ditorehkan tanggal 21 Januari 2017. Andri melakukan debut tim senior di QSL, masuk di menit paling akhir waktu tampil di kandang sendiri melawan Al-Shahaniya. ingat, umurnya baru 17 tahun!

Seminggu lantas dia bahkan bisa bermain melawan Club yang diperkuat Xavi Hernandez, Al-Sadd. Walau kalah, itu sesuatu loncatan besar dalam kariernya. Uniknya, nama Andri di situs Transfermarkt dicatat ‘Andrea Agos Sdr Mento’.

8. belajar dari kampus di Qatar

Di Samping berlatih keras dan bermimpi bisa menjadi pemain ahli di Eropa, Andri kini menimba ilmu di Jurusan Sport Science, Qatar University. Dalam berbicara, Andri lebih lancar bhs Arab ketimbang bhs indonesia.

BACA JUGA: Stefano Lilipaly, “Saya kecapekan…”

9. peluang Trial di Club Benua Biru

Tempaan yang didapat Andri bukan sekedar mempunyai asal dari gemblengan pengasuh-pengasuh Club lokal dan akademi di Qatar. Pertolongan federasi sepakbola Qatar, Andri mempunyai peluang melakukan trial ke Club-Club top di Benua Biru, layaknya VfB Stuttgart, Bayer Leverkusen, dan Villarreal.

10. Kebimbangan menjadi penentu Tim Nasional

Andi berterus terang belum dapat mengambil ketetapan negara mana yang akan dia bela. Di satu sisi dia menyadari betul bahwa indonesia ialah tanah kelahiran dan kampung halamannya. akan tetapi, di sisi lain, Qatar memberi berlimpah-limpah peluang untuk belajar, maju dan berkembang baik Selayak pribadi maupun pemain ahli.

Ayahnya, Agus, menjadi penentu memberikan seluruh ketetapan pada anaknya. Dia tidak mau mempengaruhi ketetapan Andri disebabkan anaknya lah yang akan melakukan semuanya. Agus akan beri dukungan serta apa pun yang selanjutnya dipilih oleh Andri.

logo